Service Laptop dan Komputer, Jual Beli Laptop dan HP Second. Tips, Trik, Tutorial, Komputer, Celluler, Teknologi.

Senin, 21 Oktober 2019

Tingkat Aman Radiasi HP dan Cara Mengecek Nya

Tingkat radiasi diukur dalam satuan SAR (specific absorption rate) watt per kilogram. Satuan ini dimaksudkan untuk mengetahui berapa banyak radiasi yang diserap tubuh ketika digunakan. Federasi Jerman merekomendasikan radiasi yang aman untuk tubuh maksimal senilai 2 watt per kilogram. Sementara Federasi Komisi Komunikasi (FCC) Amerika Serikat (AS) menetapkan batas SAR aman bagi tubuh diangka 1,6 watt yang aman diserap dari tiap kilogram berat badan.

Angka ini ditetapkan lantaran efek panas dari radiasi ponsel. Namun angka ini belum mengukur potensi kerusakan tubuh lainnya seperti kanker atau kerusakan DNA. SAR yang ditetapkan FCC dihitung berdasarkan panggilan telepon selama 30 menit ketika ponsel digenggam di dekat telinga. Memegang ponsel lebih jauh dari tubuh saat melakukan panggilan akan membantu mengurangi efek radiasi. Misal dengan menggunakan earphone. Mengirim teks juga punya tingkat radiasi lebih kecil ketimbang menelepon dan streaming.

Meski demikian, Jeffrey Shuren, Direktur Pusat Keamanan Perangkat dan Radiologi pada Federasi Administrasi Makanan dan Obat (FDA) AS berani menyebut bahwa radiasi ponsel yang ada saat ini masih dalam batas aman. Hal ini didukung oleh studi dari salah satu divisi Institusi Kesehatan Nasional di AS dan sejumlah penelitian lainnya, seperti diungkap The Verge.

"Meski dengan penggunaan yang sering oleh orang dewasa, kami tidak melihat adanya peningkatan tumor, seperti tumor otak," seperti tertulis dalam keterangan FDA. Namun studi itu masih dilakukan menggunakan frekuensi 2G dan 3G. Belum ada studi lebih mutakhir mengenai potensi radiasi pada jaringan 4G dan 5G.

Cara Cek Radiasi Handphone Android

Download dan install aplikasi Quanta Monitor di bawah ini.
Buka aplikasi Quanta Monitor yang telah ter-install.


Tab yang pertama terbuka adalah SAR (Specific Absorption Rate). Aplikasi ini mengukur paparan radiasi elektromagnetik dan frekuensi radio dari smartphone yang dapat terserap oleh tubuh kamu. Kalau jarum indikatornya masih menunjukkan area hijau, berarti masih aman. Tetapi kalau sudah kuning atau merah, maka tingkat radiasi di HP Android kamu sudah cukup berbahaya bagi tubuh.


Tab yang kedua adalah Power Density. Aplikasi ini mengukur energi dan radiasi yang dilepaskan oleh smartphone kamu per unit volume. Cara memantaunya juga sama. Jika jarum indikatornya menunjukkan area hijau, berarti aman. Tetapi kalau sudah merah, maka tingkat radiasi di HP Android kamu sudah dalam taraf berbahaya.


Tab ketiga adalah Cumulative. Tab ini dapat kamu gunakan untuk melihat radiasi yang dilepaskan oleh smartphone kamu setiap harinya. Terdapat laporan harian dalam bentuk grafik yang jelas dan mudah dipahami.


Itulah salah satu cara memantau paparan radiasi yang dilepaskan oleh smartphone kamu. Saran, gunakanlah HP Android kamu secara bijaksana. Jangan menggunakan HP Android dalam waktu yang terlalu lama. Karena selain berbahaya bagi kesehatan, hal ini juga dapat mempengaruhi kehidupan sosial kamu. Kalau kamu punya info lain tentang radiasi smartphone dan cara mengatasinya.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Online Shop

Temukan Online Shop Kami di Lazada.co.id
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Pengunjung

Pengujung Berdasarkan Negara

Flag Counter

Kalender

Calendar Widget by CalendarLabs